A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA meliputi:
Ruang
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
Berbicara | |
| |
Membaca | |
Menulis | |
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Mendengarkan | | ||
| |||
Berbicara | | ||
| |||
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari | |||
| |||
Membaca | | ||
Menulis | |
PROGRAM IPA, IPS & BAHASA
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
| |
Berbicara | |
| |
Membaca | |
Menulis | |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
| |
Berbicara | |
| |
Membaca | |
Menulis | |
PROGRAM IPA, IPS & BAHASA
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
| |
Berbicara | |
| |
Membaca | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis | |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
| |
Berbicara | |
| |
Membaca | |
Menulis | |
TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
Berbicara | |
Membaca | |
Menulis | |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
Berbicara | |
Membaca | |
Menulis | |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
Berbicara | |
Membaca | |
Menulis | |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | |
Berbicara | |
Membaca | |
Menulis | . |
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar