Minggu, 13 Februari 2011

RPP Mata Pelajaran Bahasa Inggris (SMA)/ Madrasah Aliyah ( MA)


A.  Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.

Tingkat literasi mencakup performative, functional,  informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.


B.  Tujuan 

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

C.  Ruang Lingkup

                         Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA meliputi:
Ruang



      D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

      Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan


      Berbicara















      Membaca


      Menulis



 



Kelas X, Semester 2

 

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

      Mendengarkan















      Berbicara  






 


Mengungkapkan makna   dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari


      Membaca





      Menulis




 



PROGRAM IPA, IPS & BAHASA


Kelas XI, Semester 1


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
     
      Mendengarkan




     
      Berbicara


















     
      Membaca



    
      Menulis







Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan




















      
      Berbicara












         
       Membaca


       Menulis


 


PROGRAM IPA, IPS & BAHASA


Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan



















      Berbicara



















     
      Membaca






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Menulis






Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

      Mendengarkan

















      Berbicara






















       Membaca


      Menulis



TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA


Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan





      Berbicara





      Membaca





      Menulis





Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan






      Berbicara



      Membaca



      Menulis




Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan





      Berbicara




      Membaca



      Menulis






Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan




      Berbicara





      Membaca




      Menulis
.





Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
                                                                               

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar