Minggu, 13 Februari 2011

PENGARUH ROKOK TERHADAP KESEHATAN

PENGARUH ROKOK TERHADAP KESEHATAN


Asap rokok dibagi atas asap utama dan asap samping. Asap utama merupakan asap tembakau yang dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping merupakan asap tembakau yang disebarkan ke udara bebas, yang dihirup orang lain atau disebut perokok pasif.

-  Emfisema                                -  Jantung Koroner
-  Bronkitis kronis                      -  Stroke
-  Asma                                       -  Mudah terjangkit AIDS
-  Kangker Paru-paru                  -  Gangguan fisiologi


SISTEM PEREDARAN DARAH


Sistem peredaran darah terdiri darah dan alat peredaran darah. Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah.

Darah adalah cairan tubuh yang terdapat di dalam pembuluh darah. Darah terdiri dari cairan atau plasma (±55%) dan sel-sel darah (±45%). Pada umumnya volume darah manusia lebih kurang 8% dari berat badannya.
1.            Plasma Darah
Terdiri dari 90% air, 8% protein yang terdiri dari albumin, hormon, globulin, protrombin dan fibrinogen; 0.9% mineral terdiri dari Nacl, natrium bikarbonat, garam dan kalsium, fosforus, magnesium, dan besi ; 0,1% berupa bahan organic yaitu glukosa, lemak, asam urat, asam amino, enzim dan antigen.
Protein yang larut dalam darah disebut protein darah. Protein darah yang penting antara lain fibrinogen, albumin dan globulin. Fibrinogen penting untuk proses pembekuan darah, albumin untuk menjaga tekanan osmotic darah dan globulin untuk membentuk antibody (zat kebal) yang berfungsi untuk melawan benda asing atau kuman yang masuk ke dalam tubuh.

2.            Sel-sel Darah              
Terdiri dari eritrosit, leukosit dan trombosit. Eritrosit atau darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen. Leukosit atau sel darah putih berfungsi untuk membunuh bibit penyakit. Trombosit atau keeping darah berfungsi untuk membekukan darah.

3.            Fungsi Darah


Jantung terletak di dalam rongga dada agak ke sebelah kiri, jantung manusia terbagi menjadi 4 rongga yaitu  serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup tiga kuspa (trikuspidalis) sedangkan antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat 2 katup kuspa (bikuspidalis)
Jantung merupakan alat peredaran darah yang berfungsi sebagai pompa untuk mendorong darah mengalir melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.
Berdasarkan fungsinya dibedakan atas :
Karbondioksida dilepaskan oleh darah di paru-paru, sedangkan oksigen ditangkap oleh Hb,  darah yang kaya oksigen dialirkan oleh vena paru-paru menuju ke jantung melalui serambi kiri.
Pembuluh balik (Vena) berfungsi mengalirkan darah menuju ke jantung, darahnya banyak mengandung karbondioksida kecuali vena paru-paru. Darah yang kaya karbondioksida ini akan dibawa oleh pembuluh nadi dari jantung ke paru-paru setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru darah mengalir ke jantung lagi melaui pembuluh balik paru-paru.

Peredaran darah manusia termasuk peredaran darah tertutup Karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Setiap kali beredar, darah melewati jantung dua kali, sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda. Pada peredaran darah ganda dikenal system peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
Adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.
Darah yang kaya akan karbondioksida dari jaringan tubuh bergerak menuju serambi kanan kemudian ke bilik kanan kemudian  bilik kanan memompa darah ke paru-paru melalui arteri paru-paru. Di paru-paru terjadi pertukaran gas. Karbon dioksida dari darah masuk ke paru-paru sedangkan oksigen dari paru-paru masuk ke darah. Kemudian darah yang kaya oksigen mengalir kembali ke jantung melalui vena paru-paru dan masuk ke serambi kiri jantung.
Skema peredaran darah kecil :   Jantung → Paru-paru → Jantung

Adalah peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke serambi kanan jantung. Bilik kiri jantung berkontraksi memompa darah yang kaya akan oksigen. Darah tersebut keluar dari jantung melalui oarta kemudian ke seluruh tubuh kecuali paru-paru. Pertukaran zat terjadi pada saat darah sampai ke kapiler organ, setelah mengalir  melewati kapiler. Darah tersebut diangkut oleh vena cava masuk ke serambi kanan
Skema peredaran darah kecil :   Jantung → Ke seluruh tubuh  → Jantung
                                                         (bilik kiri)                                                       (bilik kanan)

D.        Penggolongan Darah

Pada system ABO, darah digolongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Penggolongan  darah tersebut berdasarkan kandungan aglutinogen dan aglutinin di dalam darah. Aglutinogen adalah protein di dalam sel darah merah yang dapat digumpalkan oleh aglutinin. Ada dua macam aglutinogen yaitu aglutinogen A dan aglutinogen B. Aglutinin adalah protein di dalam plasma darah yang dapat menggumpalkan aglutinogen. Agglutinin merupakan zat anti bodi. Ada dua macam aglutinin  yaitu aglutinin α dan aglutinin β.
Tabel golongan darah
Golongan darah
Aglutinogen
Aglutinin
A
B
AB
O
A
B
A dan B
Tidak ada
β
α
tidak ada
α dan β

 

Adalah proses memasukkan darah ke dalam tubuh seseorang. Orang yang memberikan darahnya disebut donor sedangkan orang yang menerimanya disebut resipien. Golongan darah O dikatakan sebagai donor universal karena dapat ditransfusikan ke semua golongan darah. Sebaliknya golongan darah AB dikatakan sebagai resipien universal karena dapat  menerima semua golongan darah.

Pada orang normal tekanan darahnya adalah 120/80 mmHg. Di atas 130/90 mmHg termasuk tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah lebih rendah dari 110/70 mmHg disebut tekanan darah rendah.
Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh arteri akibat timbunan lemak (kolesterol).
Arteriosklerosis adalah penyempitan pada lubang arteri akibat pengendapan kapur.
Adalah membesarnya vena yang terdapat di sekitar lubang anus yang disebabkan karenaaliran darah ke vena tidak lancar misalnya : terlalu banyak duduk, kurang gerak dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar